- Kerusakan Hardware
- Kerusakan Software
Copot Battery
Usaha pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan “Battery Pull” atau copot battery. Hal ini dilakukan dengan cara melepas baterai dan menunggu sekitar lebih kurang 3 menit sebelum memasang kembali battery. Apabila tidak berhasil, coba lepas SIM Card dan Media Card sebelum memasang kembali battery. Apabila blackberry masih tidak dapat menyala, coba lakukan tukar battery atau Recharge battery yang caranya akan dijelaskan berikut ini.
Tukar Battery
Usaha tukar battery bertujuan untuk memastikan bahwa permasalahan bukan diakibatkan oleh battery, hal yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba memasang baterai yang “good” dan “fully recharge” ke blackberry yang bermasalah. Apabila blackberry dapat menyala, ganti atau charge ulang battery menggunakan cara berikut ini. Apabila tidak berhasil, artinya permasalahan bukan disebabkan oleh battery, coba dengan me-”reload” OS.
Recharge Battery
Usaha ini mencoba melakukan charging pada battery yang sudah habis total.
- Cabut Baterai, SIM Card, Media Card, biarkan terbuka
- Jalankan Desktop Manager
- Sambungkan Blackberry dengan PC menggunakan kabel USB
- Tunggu sampai muncul gambar battery disilang
- Pasang battery tanpa melepas sambungan blackberry dengan PC
- Tunggu sampai Blackberry menyala, biarkan charge sampai beberapa garis battery
- Cabut koneksi, segera charge dengan charger
Apabila masalah terjadi setelah instalasi aplikasi/themes dan setelah reboot tidak dapat masuk ke home, coba masuk ke safe mode dan hapus aplikasi/themes pada modus safe mode.
- Lepas dan pasang kembali baterai
- Ketika Lampu LED mati, tekan dan tahan tombol Escape sampai muncul kotak dialog
- Jawab OK
Reload Sistem Operasi
Langkah pertama adalah mencoba me-load sistem operasi Blackberry menggunakan bantuan command prompt (lihat Repair Nuked Blackberry). Install Desktop Manager pada PC, kemudian install OS menggunakan OS “bawaan” yang biasanya disertakan di dalam CD yang terdapat di dalam kardus Blackberry. Pastikan OS lain yang sudah diinstall di dalam PC dihapus terlebih dahulu.
Delete file Vendor.xml yang terdapat di dalam folder “Program Files\Common Files\Research in Motion\AppLoader\” dan folder “Users\nama user\Appdata\Roaming\Research in Motion\BlackBerry\Loader xml\” (OS 7).
Pastikan Desktop Manager tidak “Running” di dalam Windows, apabila Desktop Manager “Running”, Matikan autostart dan restart Windows. Kemudian ikuti langkah langkah di bawah ini:
- Jalankan Command Prompt (Ketik Alt+R kemudian ketik cmd + Enter)
- Ketikkan pada Command Prompt
CD \ (Tekan Enter)
CD PROGRA~1 (Tekan Enter)
CD COMMON~1 (Tekan Enter)
CD RESEAR~1 (Tekan Enter)
CD APPLOA~1 (Tekan Enter)
LOADER /NOJVM (Tekan Enter) - Tunggu sampai selesai
- Restore Backup anda dengan Desktop Manager apabila proses loading firmware selesai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar